Sunday, February 12, 2012

Sulitnya Mencari Contoh Text Terbaru

Kadang sebagai siswa sekolah menengah, baik SMP atau SMA, banyak sekali tugas bahasa Inggris yang harus kita selesaikan. Hal tersebut pasti membuat kita pusing bagaimana membuat dan mengerjakan tugas-tugas tersebut dalam waktu yang cukup singkat. Jika sudah demikian, satu-satunya alternatif untuk si siswa adalah pergi ke warnet dan mencari jawaban apakah tugas yang diberikan oleh guru tersedia di internet.

Zaman memang sudah berubah, tidak seperti dulu, jaringan internet sekarang ini lebih meluas ke semua pelosok desa. Hampir setiap siswa pasti sudah mengetahui cara mengoperasikan internet. Bahkan, dengan kotak kecil di layar HP pun, internet sudah bisa kita akses. Maka dengan ini, tugas yang diberikan guru pasti bisa dikerjakan dengan sangat cepat, meski dengan resiko bahwa siswa tidak bisa mengerjakan tugas tersebut dengan kemampuannya sendiri.

Salah satu pelajaran di tingkat menegah yang memang harus memanfaatkan media internet adalah pelajaran bahasa Inggris. Guru biasanya meminta siswa untuk mencari teks berbahasa Inggris baik berupa narrative text, descriptive text, recount text, review text dan lain sebagainya.

Memang contoh teks-teks di atas banyak sekali bertebaran di internet. Namun, kadang siswa tidak mengetahui cara mencari sebuah teks dengan search engine seperti google, sehingga yang mereka lakukan hanyalah mengetik makna bahasa Indonesia yang ditugaskan guru tersebut. Misalnya saja, guru menyuruh siswa menyuruh mencari narrative text, si siswa yang menganggap bahwa narrative text itu berupa cerita berbahasa Inggris pati mengetikan frasa cerita bahasa Inggris di kotak pencarian google. Sehingga apa yang muncul di google? Ya, banyak sekali dongeng bahasa Inggris dari legenda-legenda di Indonesia. Atau bisa saja mereka menulis dongeng bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Hal ini sangat riskan jika siswa terus saja tidak tahu cara mencari kata berbahasa Inggris di Internet. Karena peristiwa ini bisa menghambat siswa untuk lebih lancar berbahasa Inggris.

Jika siswa mencari tugas di internet dan melulu berisi "cerita bahasa Inggris" atau narrative text yang hampir sejenis, maka benar situs-situs tersebut perlu kita saring dan siswa harus mencari lagi kata yang lebih spesifik agar pencarian lebih akurat. Dengan demikian otak kita tidak terus-terusan diisi dengan kata-kata simple saja dan berkembang menjadi lebih baik.

Oleh karena itu pilihlah situs atau blog yang sekiranya memberikan informasi lebih mengenai jenis teks yang ia cari. Lebih inofatif dan berbeda dari lainnya. Sebut saja contoh narrative text di situs ini. Klik Narrative Text - Penjelasan & Contoh. Blog tersebut memberikan banyak pilihan contoh narrative text. Di situ juga banyak sekali jenis teks berbahasa Inggris lainnya yang bisa dijadikan contoh tugas-tugas siswa.

Dengan memilih blog atau situs yang benar-benar menampilkan isi atau konten yang lebih bervariasi, maka siswa bisa menentukan teks mana yang bisa dijadikan contoh tugas mereka. Ingat, di dunia modern saat ini banyak sekali informasi yang bisa diakses oleh banyak pihak. Maka jangan pernah menyangka bahwa banyak juga situs atau blog yang berisi dengan konten yang sama. Pilih situs atau blog yang benar-benar terpercaya, jangan sampai anda mencontek karya teman karena isi tugas anda sama dengan teman anda.

No comments:

Post a Comment