Sunday, February 26, 2012

Kumpulan Cerita Legenda Berbahasa Inggris

Tulisan ini diambil dari Wikipedia. Folklor meliputi legenda, musik, sejarah lisan, pepatah, lelucon, takhayul, dongeng, dan kebiasaan yang menjadi tradisi dalam suatu budaya, subkultur, atau kelompok. Folklor juga merupakan serangkaian praktik yang menjadi sarana penyebaran berbagai tradisi budaya. Bidang studi yang mempelajari folklor disebut folkloristika. Istilah filklor berasal dari bahasa Inggris, folklore, yang pertama kali dikemukakan oleh sejarawan Inggris William Thoms dalam sebuah surat yang diterbitkan oleh London Journal pada tahun 1846.[1] Folklor berkaitan erat dengan mitologi.

Namun bagi anda yang ingin mencari cerita bahasa Inggris dari legenda di Indonesia, silahkan menuju ke situs di bawah ini :

Cerita Bahasa Inggris

Semoga bermanfaat...

Sunday, February 12, 2012

Sulitnya Mencari Contoh Text Terbaru

Kadang sebagai siswa sekolah menengah, baik SMP atau SMA, banyak sekali tugas bahasa Inggris yang harus kita selesaikan. Hal tersebut pasti membuat kita pusing bagaimana membuat dan mengerjakan tugas-tugas tersebut dalam waktu yang cukup singkat. Jika sudah demikian, satu-satunya alternatif untuk si siswa adalah pergi ke warnet dan mencari jawaban apakah tugas yang diberikan oleh guru tersedia di internet.

Zaman memang sudah berubah, tidak seperti dulu, jaringan internet sekarang ini lebih meluas ke semua pelosok desa. Hampir setiap siswa pasti sudah mengetahui cara mengoperasikan internet. Bahkan, dengan kotak kecil di layar HP pun, internet sudah bisa kita akses. Maka dengan ini, tugas yang diberikan guru pasti bisa dikerjakan dengan sangat cepat, meski dengan resiko bahwa siswa tidak bisa mengerjakan tugas tersebut dengan kemampuannya sendiri.

Salah satu pelajaran di tingkat menegah yang memang harus memanfaatkan media internet adalah pelajaran bahasa Inggris. Guru biasanya meminta siswa untuk mencari teks berbahasa Inggris baik berupa narrative text, descriptive text, recount text, review text dan lain sebagainya.

Memang contoh teks-teks di atas banyak sekali bertebaran di internet. Namun, kadang siswa tidak mengetahui cara mencari sebuah teks dengan search engine seperti google, sehingga yang mereka lakukan hanyalah mengetik makna bahasa Indonesia yang ditugaskan guru tersebut. Misalnya saja, guru menyuruh siswa menyuruh mencari narrative text, si siswa yang menganggap bahwa narrative text itu berupa cerita berbahasa Inggris pati mengetikan frasa cerita bahasa Inggris di kotak pencarian google. Sehingga apa yang muncul di google? Ya, banyak sekali dongeng bahasa Inggris dari legenda-legenda di Indonesia. Atau bisa saja mereka menulis dongeng bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Hal ini sangat riskan jika siswa terus saja tidak tahu cara mencari kata berbahasa Inggris di Internet. Karena peristiwa ini bisa menghambat siswa untuk lebih lancar berbahasa Inggris.

Jika siswa mencari tugas di internet dan melulu berisi "cerita bahasa Inggris" atau narrative text yang hampir sejenis, maka benar situs-situs tersebut perlu kita saring dan siswa harus mencari lagi kata yang lebih spesifik agar pencarian lebih akurat. Dengan demikian otak kita tidak terus-terusan diisi dengan kata-kata simple saja dan berkembang menjadi lebih baik.

Oleh karena itu pilihlah situs atau blog yang sekiranya memberikan informasi lebih mengenai jenis teks yang ia cari. Lebih inofatif dan berbeda dari lainnya. Sebut saja contoh narrative text di situs ini. Klik Narrative Text - Penjelasan & Contoh. Blog tersebut memberikan banyak pilihan contoh narrative text. Di situ juga banyak sekali jenis teks berbahasa Inggris lainnya yang bisa dijadikan contoh tugas-tugas siswa.

Dengan memilih blog atau situs yang benar-benar menampilkan isi atau konten yang lebih bervariasi, maka siswa bisa menentukan teks mana yang bisa dijadikan contoh tugas mereka. Ingat, di dunia modern saat ini banyak sekali informasi yang bisa diakses oleh banyak pihak. Maka jangan pernah menyangka bahwa banyak juga situs atau blog yang berisi dengan konten yang sama. Pilih situs atau blog yang benar-benar terpercaya, jangan sampai anda mencontek karya teman karena isi tugas anda sama dengan teman anda.

Tuesday, February 7, 2012

Pengertian Bahasa Baku

Bahasa Baku apa sih? Oke, mari kita diskusikan pengertian bahasa baku Bahasa yang dipergunakan di dalam situasi tidak resmipun dianggap sebagai bahasa baku. Makna baku tampaknya tidak dipahami secara benar, apalagi makna bahasa baku. Hal ini disebabkan oleh keengganan orang mencari makna istilah baku dan bahasa baku itu di dalam kamus Umum atau Kamus Istilah Linguistik, baik dari bahasa Indonesia maupun dari bahasa Asing, terutama dalam bahasa Inggris.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 1988 : 71), kata baku juga ada dijelaskan.
baku I
(1) pokok, utama; (2) tolok ukur yang berlaku untuk kuantitas atau kualitas dan yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan; standar;
baku II
saling

Di dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, Badudu dan Zain menjelaskan makna kata baku.
baku I
(Jawa) yang menjadi pokok; (2) yang utama; standar.
baku II
(Manado), saling (1996 : 114)

Baku dalam bahasa baku di dalam 3 Kamus di atas bermakna sama dengan baku I. Oleh karena itu, bahasa baku ialah bahasa yang menjadi pokok, yang menjadi dasar ukuran, atau yang menjadi standar.

Istilah bahasa baku dalam bahasa Indonesia atau standard language dalam bahasa Inggris dalam dunia ilmu bahasa atau linguistik pertama sekali diperkenalkan oleh Vilem Mathesius pada 1926. Ia termasuk pencetus Aliran Praha atau The Prague School. Pada 1930, B. Havranek dan Vilem Mathesius merumuskan pengertian bahasa baku itu. Mereka berpengertian bahwa bahasa baku sebagai bentuk bahasa yang telah dikodifikasi, diterima dan difungsikan sebagai model atau acuan oleh masyarakat secara luas (A Standard language can tentatively be definite as a codified form of language accepted by and serving as a model for a large speech community) (Garvin, 1967 dalam Purba, 1996 : 52).

Di dalam Dictionary Language and Linguistics, Hartman dan Strok berpengertian bahasa baku adalah ragam bahasa yang secara sosial lebih digandrungi dan yang sering didasarkan bahasa orang-orang yang berpendidikan di dalam atau di sekitar pusat kebudayaan atau suatu masyarakat bahasa (Standard language is the socially favourite variaty of a language, often based on the speech of educated population in and a round the cultural and or political cntre of the speech community) (1972 : 218).

Di dalam Sociolinguistics A Critical Survey of Theory and Application, Dittmar berpengertian bahwa bahasa baku adalah ragam bahasa dari suatu masyarakat bahasa yang disahkan sebagai norma keharusan bagi pergaulan sosial atas dasar kepentingan dari pihak-pihak dominan di dalam masyarakat itu. Tindakan pengesahan itu dilakukan melalui pertimbangan-pertimbangan nilai yang bermotivasi sosial politik (The standard is that speech variety of a language community which is legitimized as a the obligatory norm form social intercourse on the strength of the interest of dominant forces in that social. The act of legitimized a norm is effected by means of value judgement which have sociopolitical motivation) (1976 : 8).

Di dalam Logman Dictionary of Applied Linguistics, Richard, Jhon dan Heidi berpengertian bahwa bahasa baku adalah ragam bahasa yang berstatus tinggi di dalam suatu masyarakat atau bangsa dan biasa didasarkan penutur asli yang berpendidikan di dalam berbicara dan menulis (Standard variaty; standard variaty; standard dialect; standard language is the variaty of a language which has on the speech and writing of educated native speakers of the language) (1985 : 271).

Di dalam Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan, Yus Rusyana berpengertian bahwa bahasa baku atau bahasa standar adalah suatu bahasa yang dikodifikasikan, diterima, dan dijadikan model oleh masyarakat bahasa yang lebih luas (1984 : 104). Di dalam Tatabahasa Rujukan Bahasa Indonesia untuk Tingkat Pendidikan Menengah, Gorys Keraf berpengertian bahwa bahasa baku adalah bahasa yang dianggap dan diterima sebagai patokan umum untuk seluruh penutur bahasa itu (1991 : 8).